Episodemencarikerja

Episodemencarikerja#4

Tulisan ini adalah lanjutan tulisan sebelumnya yang berjudul ‘Episodemencarikerja#3

April dan Mei 2012

Bulan April dan Mei adalah bulan penentuan bagi saya. Pasalnya pada bulan inilah Allah memberikan saya kesempatan untuk medical check up di dua perusahaan besar: Pusri Holding dan PT Semen Gresik.

Pusri Holding sebagai perusahaan pupuk yang membawahi PT Pupuk Kaltim jelas bukan sosok asing buat saya. Setidaknya saya hidup dan besar bersama orang-tua yang bekerja di anak perusahaannya. Dan sedikit banyak saya tau bagaimana tingkat kesejahteraannya. Sangat baik dalam kacamata saya.

Saya menjalani medical check up Pusri Holding tepat 3 hari paska interview dengan CFO+4 usernya. Pelaksanaannya dilakukan di RS Pusat Pertamina Kebayoran Baru. Ini adalah medical check up pertama saya yang paling lengkap dan paling menjijikkan. Lengkap karena ada proses pemeriksaan gigi, thorax, fisik, darah, urine, THT, Jantung, Paru, dan lain-lain. Menjijikkan karena ada pemeriksaan feses (sampel feses). Can’t you imagine how the feeling to taking sample from your own feces? -_-

Hasilnya masih membingungkan bin menggantung. Sampai saat ini saya belum tau bagaimana hasil medical check up saya di sana. Beberapa teman yang ada di sana sih bilang sebenarnya saya lulus tapi proses legalisasinya lama, hingga berbulan-bulan. Jadi yaaa, saya ambil yang duluan pengumuman aja. :p Baca lebih lanjut

Iklan
Categories: Episodemencarikerja | 27 Komentar

Episodemencarikerja#3

Tulisan ini adalah lanjutan tulisan sebelumnya yang berjudul ‘Episodemencarikerja#2

Februari 2012

Pada bulan ini seperti biasa saya mengikuti proses rekrutmen beberapa perusahaan. Bulan ini adalah bulan pertama saya melangkahkan kaki keluar Jogja untuk mencari kerja. Kota pertama yang saya jejakkan adalah Semarang. Saya mendapat panggilan PT.PP di kota ini. Dengan berbagai pertimbangan, termasuk merasa menganggur cukup lama, saya putuskan untuk mengikutinya.

Seleksi yang dilakukan di Semarang ini berlapis-lapis. Dan saya hanya bisa masuk sampai lapis kedua, di mana Leaderless Group Discussion saya gagal. Evaluasi saya adalah saya terlalu asertif dan dominan. Sementara saya amati, orang yang lolos LGD tersebut justru orang yang keras kepala dan tidak mau mendengarkan orang lain. Di sini saya mulai belajar, bahwa harus ada strategi agar bisa lolos LGD. Setiap posisi punya preferensi.

Saat saya di Semarang saya juga mendapatkan panggilan by phone dari Pusri Holding. Tapi bodohnya saya adalah, ketika saya ditanya apakah bersedia mengikuti tes di Jakarta? Dan saya jawab, “bersedia mbak, tapi kalo tesnya di Jogja lebih baik”. Jeddiarrr…. -_- emang siapa gue gitu berani ngomong begitu. Dan akhirnya, teman saya yang menjawab ‘bersedia’ langsung diundang tes, sementara saya dipanggil lebih telat. Nasib.

Sepulang dari Semarang saya dipanggil untuk tes di Auto 2000, dan menariknya saya juga gagal di tahap LGD. Saya mulai belajar seperti apa preferensi HRD untuk posisi akuntansi. Dan sepertinya saya tau. Hehehe.. Baca lebih lanjut

Categories: Episodemencarikerja | Tag: | 21 Komentar

Episodemencarikerja#2

Tulisan ini adalah lanjutan dari Episodemencarikerja#1

November 2011

Fase mencari kerja seutuhnya baru dimulai bulan November 2011. Seperti kebanyakan mahasiswa Jogja dan sekitarnya yang baru lulus, Engineering Career Center (Ecc.ft.ugm.ac.id) menjadi jasa ‘job provider’ pertama yang saya daftar. Job provider kedua yang saya selalu update dan ikuti adalah Career Development Center UGM yang alhamdulillah sudah terintegrasi dengan website alumni FEB UGM. Dan sekelompok penyedia jasa lain seperti kaskus, jobsdb, dan lain-lain juga saya ikuti tapi kenyataannya tidak memberikan kontribusi signifikan buat saya.

Di bulan ini saya belum banyak melakukan perencanaan dan persiapan menghadapi fase rekrutmen dunia kerja. Yah saya wisuda tanggal 22 November, jadi perasaan bangga mendapatkan titel Sarjana Ekonomi masih memburamkan penglihatan saya mengenai kerasnya persaingan di rekrutmen dunia kerja. Masih santai, main ke sana ke sini, nonton film, tidur-tiduran ga jelas dan sebagainya. Dan semua itu tiba-tiba terjewer oleh hasil pertama tes rekrutmen saya di bulan Desember 2011.

Desember 2011

Panggilan via sms pertama saya berasal dari sebuah Distributor Toyota wilayah Jawa Tengah dan DIY, Nasmoco. Waktu itu saya ingat saya mendaftar untuk posisi internal auditor. Dan alhamdulillah psikotes saya tidak lolos waktu itu. Tidak ambil pikir sih, secara saya merasa masih pertama kali psikotes dan ya mungkin belum rejeki. Baca lebih lanjut

Categories: Episodemencarikerja | 4 Komentar

Episodemencarikerja#1

Fase paska studi adalah fase luar biasa bagi kebanyakan orang. Karena pada fase inilah pertanyaan ‘who you are’ menjadi begitu penting. Bagi kebanyakan orang, termasuk saya, fase ini berat. Karena segala apa yang saya pelajari sebelumnya akan benar-benar saya hadapi. Fase paska studi adalah The Real World yang dipenuhi dengan kondisi-kondisi tidak ideal. Sehingga ketika masalah datang, kita harus bisa memutuskan secara bijak walaupun alternatif-alternatifnya sama-sama sulit.

Fase paska studi adalah fase pembuktian atas prinsip dan keyakinan yang telah kita pupuk pada masa studi. Akan banyak benturan dan badai yang bisa membuat dinding keimanan kita terkikis. Dan di sinilah kemudian seleksi alam akhirat dimulai. Dari fase inilah, Allah akan memilih, mana hamba-hamba-Nya yang lulus seleksi, dan mana yang gagal. Semoga kita termasuk orang-orang yang Allah tetapkan dalam golongan hamba-hamba-Nya yang menerima surga.

Tulisan ini sengaja saya buat untuk berbagi pengalaman saya melewati fase transisi, antara masa studi dengan fase paska studi. Fase transisi dapat diisi oleh berbagai macam hal. Tapi saya memilih untuk memfokuskan segala sumber daya diri saya untuk mengisi fase transisi dengan mencari kerja, tanpa S2 dan tanpa bisnis. Ini pilihan, dan setiap pilihan memiliki konsekuensi yang harus kita tanggung. Baca lebih lanjut

Categories: Episodemencarikerja | 3 Komentar

Blog di WordPress.com.